Tips Membuat Artikel Journal yang Menarik dan Berkualitas

artikel journal

Hai, sobat blogger semuanya, hari ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat artikel journal, atau karya tulis lain yang menarik dan profesional. Sebelum kita mulai menulis artikel jurnal atau paper ada beberapa dokumen pendukung yang perlu Anda siapkan. Hal ini akan digunakan sebagai masterplan dalam menulis artikel jurnal. Dokumen pendukung ini adalah pernyataan desain struktur artikel jurnal dan kontribusi riset ingin tahu bagaimana tips untuk menulis kedua dokumen tersebut silahkan.

Yuk simak artikel ini sampai selesai, yang pertama yang perlu disiapkan adalah desain struktur artikel secara umum. Artikel jurnal berisi pendahuluan penelitian terkait metode hasil dan pembahasan dan kesimpulan. Namun perbedaan konten dan pembahasan berdampak pada berbedanya struktur.

dalam artikel jurnal yang satu dengan yang lainnya, dan tidak sedikit artikel yang menambahkan bagian definisi atau pernyataan dan desain eksperimen diskusi atau bagian lain sesuai kebutuhan mereka. Oleh karena itu anda perlu merencanakan struktur artikel Anda beserta poin-poin yang akan anda jelaskan pada setiap bagian tersebut.

Coba bayangkan disini,  untuk membuat struktur artikel jurnal yang efisien Anda bisa membuat bagian ini menggunakan Microsoft Powerpoint atau Google slide. Pada slide pertama Tuliskan struktur artikel jurnal yang ingin anda tulis pada artikel Anda, setelah itu Anda dapat menambahkan slide berikutnya untuk menjelaskan dengan detail setiap bagian dari struktur artikel jurnal yang ada tulis, misalnya flight kedua berisi poin-poin yang menjelaskan pendahuluan dengan lebih detail, lalu tiga untuk penelitian terkait dan seterusnya.

Lalu selanjutnya dokumen ini dapat anda gunakan untuk melacak atau meninjau isi dan keterkaitan setiap bagian atau paragraf dalam artikel anda, dengan kata lain na'at artikel anda sudah memiliki banyak halaman. Anda akan dengan mudah mengubah atau meninjau sesuatu berdasarkan dokumen desain struktur artikel yang anda miliki. Selain itu hal ini dapat membantu anda menulis dengan jelas dan ringkas tanpa berbelit-belit.

Yang kedua pernyataan kontribusi riset kontribusi riset merupakan poin utama dalam sebuah artikel, oleh karena itu sebuah artikel harus dapat menjelaskan kontribusinya dengan jelas ringkas tepat dan tanpa kerancuan. Membuat pernyataan kontribusi riset atau Rich contribution statement, tidak hanya membantu Anda saat menulis artikel, namun juga membantu reviewer jurnal untuk meninjau kontribusi dalam artikel Anda. Editor jurnal tidak akan mempublikasikan dokumen ini namun beberapa jurnal internasional mensyaratkan dokumen ini saat awal penyerahan naskah artikel Anda juga membuat 1 paragraf yang fokus menjelaskan dengan detail tentang kontribusi dalam artikel Anda. Sekitar 300k atau kurang, namun berbeda dengan abstrak kontribusi riset yang tidak fokus mengulas keseluruhan Devi artikel untuk menulis kontribusi riset.

Disini Anda hanya diminta fokus pada hal-hal seperti berikut, yang pertama kontribusi riset harus mudah dipahami oleh konsumen atau target pengguna kontribusi, dan dapat memberikan wawasan tentang topik dan permasalahan yang relevan dengan konsumen serta pengetahuan yang sudah ada saat itu. Dan yang paling penting harus dapat menjelaskan hal baru yang ditawarkan oleh Desire tanda atau kontribusi dalam topik permasalahan yang relevan dengan konsumen tersebut. Dan apabila Anda membutuhkan contoh-contoh pernyataan kontribusi retret Anda silahkan mengisi formulir komentar dibawah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama